
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Malinau Selatan Hilir
Pengarang : Yohanis - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis problem posing dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN 007 Malinau Selatan Hilir. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 007 Malinau Selatan Hilir tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki kegiatan utama atau tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik serta tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar Matematika (aspek kognitif) dengan 70% siswa mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65 dan mencapai nilai 70% dengan kategori baik pada aspek afektif dan aspek psikomotorik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbasis Problem Posing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IV tahun pembelajaran 2015/2016 yaitu memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan ≥ “Baik”, ketuntasan yang diperoleh siswa pada aspek Afektif, dari siklus I sebanyak 10 siswa menjadi 14 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan dari siklus I sebesar 63% menjadi 87% pada siklus II, aspek Psikomotorik dari siklus I sebanyak 11 siswa menjadi 15 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan siklus I sebesar 69% menjadi 94% pada siklus II, serta aspek Kognitif siswa dari siklus I sebanyak 11 siswa menjadi 15 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan 69% menjadi 94% pada siklus II. Tercapainya indikator keberhasilan ketuntasan klasikal dan KKM diatas minimal 70% pada aspek kognitif yaitu 94% maka penelitian ini dianggap berhasil pada materi pecahan dan urutannya.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Problem Posing
Aims of this study are to implement coopertive learning model jigsaw based problem posing to improve student learning outcomes of mathematics in IV grade student at SDN 007 Malinau Selatan Hilir. This study includes classroom action research with the subject of research is the IV grade at SDN 007 Malinau Selatan Hilir in academic year 2015/2016 which amounts to 16 students. This study was conducted within two cycles and each cycle consist of planning, action and observation, and reflection. The research instrument used in this research are the student activity sheet, teacher observation sheet, affective and psychomotor observation sheet and achievement test. Indicators of success in this research is characterized by increasing student learning outcomes of mathematics (cognitive aspect) with 70% of students can achieve in KKM which determined at 65 and with 70% of student achieving good criteria in affective aspect and psychomotor aspect. The results of this study is indicating that use of cooperative learning model jigsaw based problem posing has proven to improve student learning outcomes of mathematics in IV grade student at SDN 007 Malinau Selatan Hilir in academic year 2015/2016 that reaching the criteria specified minimum completeness is good in affective aspect and psychomotor aspect, and student who pass the affective aspect as many as 10 students with percentage 63% in the first cycle and increased 14 students with percentage 87% in the second cycle, in psychomotor aspect in the first cycle was obtained 11 student with percentage of 69% and increased to 15 student with percentage 94% in the second cycle also cognitive aspects in the first cycle was obtained 11 student with percentage of 69% and increased to 15 student with percentage 94% in the second cycle. Achieving success indicator above the minimum 70%, is 94%, this research considered successful in the matter of fraction and the order. Keywords: Learning Outcomes of Mathematics, Cooperative Learning Model Jigsaw Based Problem Posing