Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Pendekatan Scientific Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Sungai Tubu Tahun Pelajaran 2015/2016 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Pendekatan Scientific Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Sungai Tubu Tahun Pelajaran 2015/2016

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Pendekatan Scientific Dengan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Sungai Tubu Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengarang : Yasa Anggiu - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di SDN 004 Sungai Tubu pada mata pelajaran IPS menunjukkan hahwa kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 004 Sungai Tubu dalam memahami materi pelajaran belum maksimal. Pencapaian nilai siswa kelas IV SD Negeri 004 Sungai Tubu yang kurang tersebut disebabkan metode yang digunakan guru di kelas saat pembelajaran rnasih kurang tepat. penggunaan media pembelajaran yang masih minim. Dan permasalahan di atas peneliti akan menggunakan pendekatan Scientific dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 004 Sungai Tubu. Media Gambar dapat mendorong siswa untuk berani mengemukakan pendapat, dan setiap siswa akan termotivasi untuk berpikir, sedangkan melalui media gambar sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep dan menarik perhatian siswa saat pembelajaran.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara lebih berkualitas, sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik, adapun model yang digunakan yaitu model scientific dengan bantuan media gambar pada siswa kelas IV di SDN 004 Sungai Tubu dengan subyek yang berjumlah 13 anak.
Dari hasil analisis kemampuan aktivitas proses belajar siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan kearah yang lebih baik bila dìbandingkan sebelum dilaksanakan tindakan. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 7.3 dan pada siklus II sebesar 7.8. Dibandingkan siklus I, siklus II mengalami peningkatan yang lebih pesat dengan perolehan nilai kehadiran pada pertemuan 1 dan 2.
Dengan hasil tersebut, maka dengan menggunakan pendekatan Scientific berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 004 Sungai Tubu. Hal tersebut ditunjukkan dari peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 59,6 % menjadi 93,2 % pada siklus II.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Scientific, Media Gambar

Based on the results of preliminary observations on the SDN 004 Sungai Tubu in social studies demonstrated the ability of holding that fourth grade students of SD Negeri 004 Sungai Tubu in understanding the subject matter is not maximized. Achievement of the value of the fourth grade students of SD Negeri 004 less Sungai Tubu was caused methods used by teachers in the classroom during lessons still less precise. use of instructional media are still minimal. And the above problems researchers will use Scientific approach with media images to enhance the activity and learning outcomes of fourth grade students at SDN 004 Sungai Tubu. Media Images can encourage students to dare to express opinions, and each student will be motivated to think, while through media images that can help students understand the concepts and attract the attention of students during the learning. This type of research used in this research is the Classroom Action Research (PTK) is a form of research that is reflective to perform certain actions to improve and enhance classroom practice is more qualified, so students can obtain learning outcomes are better, while models were used that scientific models with the help of media images on fourth grade students at SDN 004 Sungai Tubu with subjects totaling 13 children. From the analysis of the activity of student learning ability in cycle I and II was increased toward better when compared before implementation measures. In the first cycle the average value of 7.3 and the second cycle of 7.8. Compared to the first cycle, the second cycle has increased more rapidly with the acquisition value of attendance at the meeting of 1 and 2. With these results, then using the media-assisted image Scientific approach can improve learning outcomes of fourth grade students of SDN 004 Sungai Tubu. This is shown on the improvement of learning outcomes in the first cycle of 59.6% to 93.2% in the second cycle. Keywords: Learning Outcomes, Scientific, Media Image

Detail Informasi