
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas III SDN 002 Pujungan
Pengarang : Yafet Kayang - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada siswa kelas III SDN 002 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 002 Pujungan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 002 Pujungan yang berjumlah 5 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 3 siswa dan perempuan berjumlah 2 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan santun), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 002 Pujungan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 40% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 80% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 60% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Siswa
The objective of this study is to improve students’ achievement in learning Civic especially by implementing Contextual Teaching And Learning at the III class in SDN 002 Pujungan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 002 Pujungan at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of III class in SDN 002 Pujungan which consists of 3 male and 2 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing Contextual Teaching And Learning can improve students’ achievement in learning Civic especially at the III class in SDN 002 Pujungan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 40%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 80%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 60%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Model of Contextual Teaching and Learning, Student