Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Media Gambar Di Kelas III SDN 001 Pujungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Media Gambar Di Kelas III SDN 001 Pujungan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Metode Demonstrasi Dengan Media Gambar Di Kelas III SDN 001 Pujungan

Pengarang : Warita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunakan metode demonstrasi dengan media gambar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing- masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui 2 cara, yaitu tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Ketuntasan hasil belajar aspek psikomotorik pada siklus I mencapai 60% dan meningkat di siklus II menjadi 100%. Sedangkan aspek afektif memperoleh ketuntasan sebesar 13,33% dan meningkat di siklus II menjadi 100%. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Persentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 53,33% meningkat menjadi 80,00% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan metode demonstrasi dengan media gambar di kelas III SDN 001 Pujungan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia, Metode Demonstrasi, Media Gambar

Classroom Action Research (PTK) aims to improve the reading skills of students using demonstration method aided image media. Classroom Action Research (PTK) is conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation and reflection. Data collection techniques used through two ways, namely testing and non-testing. Data collection instruments used were a test of learning outcomes, student assessment sheets psychomotor, affective assessment sheets, observation sheets and student activity sheet events observed teachers in the management of learning. Completeness psychomotor aspects of learning outcomes in the first cycle at 60% and increased in the second cycle to 100%. While aspects of affective gain mastery of 13.33% and increased in the second cycle to 100%. While the average learning outcomes on cognitive aspects also increased from the first cycle to the second cycle. Percentage of classical learning success in the first cycle of 53.33% increase to 80.00% in the second cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the use of media-assisted demonstration method in class III image SDN 001 Pujungan can improve students' reading ability. Keywords: Reading, Indonesian Language, Method Demonstrations, Media Images

Detail Informasi