Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Malinau Selatan Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Malinau Selatan Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Malinau Selatan Hilir

Pengarang : Tipung A. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 006 Malinau Selataan Hilir semester II tahun pelajaran 2015?2016 yang berjumlah 10 orang terdiri atas enam orang laki-laki dan empat orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan non tes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016.
Hasil penelitian menujukan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang di peroleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan belajar siswa 40% pada siklus II menjadi 80%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan penggunaan pendekatan pembelajaran Matematika realistik (PMR) dapat hasil belajar mata pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 006 Malinau Selatan Hilir.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)

This research was use action class research with two cycle. Each cycle consisted two meetings. The participants of this research were the students’ of the fourth grade of the students’ SDN 006 Malinau Selatan second semester school year 2015/2016. The number of participants were it consisted of 6 male and 4 female students. The technic of collection data were test and non-test technique. This research was done on May 2016. The result of the research showed there was on improvement on students’ learning result. This could be seen from the result which were achieve on each cycle, after giving an action of cycle one the students’ learning completeness was 40% and on the second cycle was 80%. We can said that this research was successful based on successful indicator. We can conclude that the Applying Realistic Mathematic Learning Approach (PMR) can improve the mathematic learning result at the fourth grade of the students’ SDN 006 Malinau Selatan. Keywords: Learning Result, Mathematic, Realistic Mathematic Learning Approach (PMR)

Detail Informasi