Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Di SDN 002 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Di SDN 002 Sesayap Hilir

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV Di SDN 002 Sesayap Hilir

Pengarang : Supianti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi rangka manusia siswa dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture di kelas IV SDN 002 Sesayap. Objek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV SDN 002 Sesayap yang berjumlah 10 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar IPA pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal mencapai 40%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 80%.
Kesimpulan PTK ini adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi rangka manusia siswa kelas IV SDN 002 Sesayap.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Picture and Picture

The objective of this study was to improve the increase in material science learning achievement of students with the application of the framework of human learning model Picture and Picture-in-class IV SDN 002 Sesayap. Object Class Action Research (PTK) is the fourth-grade students of SDN 002 Sesayap totaling 10 students. Action Research (PTK) was conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used are tests and observation. IPA learning results in cycle 1 classical learning completeness reached 40%, and the second cycle increased learning outcomes with classical learning completeness 80%. The conclusion of this PTK is the application of learning models Picture and Picture can improve learning achievement IPA human skeletal material grade IV SDN 002 Sesayap. Keywords: Learning Achievement, Learning Model Picture and Picture

Detail Informasi