Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Berbantuan Media Visual Di Kelas V SDN 001 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Berbantuan Media Visual Di Kelas V SDN 001 Sesayap Hilir

Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok Berbantuan Media Visual Di Kelas V SDN 001 Sesayap Hilir

Pengarang : Sulastri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserts didik untuk berkomunikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Menanggapi penjelasan nara sumber dengan memperhatikan santun menggunakan metode pembelajaran Diskusi kelompok Berbantuan media Visual di kelas V SDN 001 Sesayap Hilir.
Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Tiap siklus dilakukan masing-masing 2 kali pertemuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes hasil belajar bentuk uraian,lembar pengamat Aktivitas guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca siswa dari hasil belajar siswa siklus I rata-rata 72.4% ke siklus II menjadi 85.6%. dan peningkatan hasil aktivitas guru pada siklus I rata-rata 75, ke siklus II menjadi 81.6. Hasil peningkatan Aktivitas siklus I rata-rata 72.44, dan siklus II rata-rata 96.8.
Dari hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran diskusi kelompok berbantuan media visual dapat meningkat kemampuan membaca siswa kelas V SDN 001 Sesayap Hilir.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Model Pembelajaran Diskusi Berbantuan Media Visual

The abjective of this research was to improve the student’s ability to communicate in learning Bahasa Indonesia in subject of responding narrator explanation with seeing polite using discussion in group with visual media in class V SDN 001 Sesayap Hilir. This research employed a classroom Action Research with two cycles. Reach cycle was done in two meetings. The data were collected by using the research instrument namely achievement test in essay test observation sheet for teacher activity, and the observation sheet for student’s activity. The result of data analysis showed that the improvement reading students from student`s learning result in the first cycle by average 72.4 % to second cycle become 85.6 %. And the improvement teacher`s activity result in the first cycle by average 75, to second cycle become 81.6. the improvement result in the first cycle by average 72.44 and the second cycle by average 96.8. Concerning with the result of the research, this research can be concluded that discussion learning model aided visual media can improve the students reading achievement at class V of SDN 001 Sesayap Hilir. Keywords: Reading Achievement and Discussion Learning Model Aided Visual Media

Detail Informasi