
Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 015 Tanjung Palas
Pengarang : Sulaiman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan Menggunakan Model Pengajaran Langsung Pada Siswa Kelas IV SDN 015 Tanjung Palas. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 pertemuan, dan setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa, lembar aktivitas guru dan teknik analisis data. Hasil belajar yang diperoleh pada pengajaran langsung pada siswa kelas IV SDN 015 Tanjung Palas dalam meningkatkan hasil belajar IPA yaitu hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah diperoleh nilai rata-rata 64,5 dengan presentase ketuntasan 60% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 75 dengan presentase Ketuntasan 90%. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pengajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas IV SDN 015 Tanjung Palas.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Pengajaran Langsung
This study aims to improve learning result by using Model Science Teaching Directly in grade IV SDN 015 (Elementary school 015) Tanjung Palas. This research method is a class act that is performed in 2 cycles, every cycle conducted two meetings, and every cycle consist of our phases: planning, action, observation, and reflection. The data collection technique used is the achievement test, pieces of research activity of students and teacher activity sheet. Result obtained in the study on the direct teaching fourth grade students of SDN 015 (Elementary school 015) Tanjung Palas in improving learning result IPA is the result of learning obtained in the first cycle is obtained an average value of 64.5 with a percentage 75 with a percentage og 90% completensess. Based on the study result obtained in this study it can be concluded that the model of direct teaching can improve learning result IPA in Class IV SDN 015 Tanjung Palas. Keywords: Learning Result Science, Teaching Direct