Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Bahau Hulu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Bahau Hulu

Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Bahau Hulu

Pengarang : Son Lenggang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan memanfaatkan media gambar di kelas IV SDN 002 Bahau Hulu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui 2 cara, yaitu observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek afektif untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 25% yaitu siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 75% dan siklus II mencapai 100%. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 25% dan meningkat di siklus II menjadi 100%. Pada ranah kognitif juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Persentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 100% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah pemanfaatan media gambar di kelas IV SDN 002 Bahau Hulu dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pkn, Media Gambar

Classroom Action Research (PTK) aims to improve learning outcomes by utilizing the media image Civics class IV SDN 002 Bahau Hulu. Classroom Action Research (PTK) is conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation and reflection. Data collection techniques used through two ways, namely observation and tests. Data collection instruments used were a test of learning outcomes, student assessment sheets psychomotor, affective student assessment sheets, sheets observation of student activity and teacher activity observation sheet in the management of learning. The average results of study on the affective aspect for all aspects by the students in the first cycle to the second cycle increased by 25% ie cycle I gained mastery by 75% and the second cycle reaches 100%. While the average learning outcomes in psychomotor aspects of the first cycle gain mastery by 25% and increased in the second cycle to 100%. In the cognitive domain also increased from the first cycle to the second cycle. Percentage of classical learning success in the first cycle increased by 75% to 100% in the second cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the use of media images in class IV SDN 002 Bahau Hulu can improve student learning outcomes in learning civics. Keywords: Results Learning, Civic Education, Media Image

Detail Informasi