Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 001 Pujungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 001 Pujungan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SDN 001 Pujungan

Pengarang : Sarinah Naa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari empat orang dimana mereka bekerja bersama-sama untuk memecahkan masalah, dimana dua orang dari kelompok tersebut akan bertugas bertukar informasi ke kelompok lain dan dua orang lain bertugas memberikan informasi kepada kelompok lain.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 001 Pujungan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN 001 Pujungan yang berjumlah 16 orang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥ 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥ 70.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 001 Pujungan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥70 mengalami peningkatan sebesar 12,5 % dengan kondisi awal 18,75 % meningkat menjadi 31,25 % dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 50,5 % menjadi 81,75 %. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 4,57 % dengan kondisi awal 57,31 meningkat menjadi 61,88 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,37 % menjadi 76,25.

Kata Kunci: PTK, Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar

Two Stay Two Stray of cooperatif learning model representing one of cooperative learning model consisted by four student wherethey worked together to solved problem, where two of their group will undertake change over the information to other group and two other will undertake given the information to other group. This research is a kind of Classroom Action Research that aim to improving learning civic education outcomes for student of fourth grade in SDN 001 Pujungan through applying Two Stay Two Stray of Cooperative Learning Model. Population in this research are students of Fourth Grade In SDN 001 Pujungan amounting to 16 students consisted of 7 men student and 9 women student. The research instrument in the form of test and observation sheet. Tecnique analyse data used are quantitative descriptive and qualitative descriptive. As for indicator of action efficacy marked with more or same than 75% from student amount who following study process have obtained asses more or same than 70. Research result show the existence of the make up of result civic education for student of fourth grade in SDN 001 Pujungan after using Two Stay Two Stray of Cooperative learning model at cycle I and also cycle II. At cyle I student who have obtained asses more or same than 75 improvement equal to 12, 5 % with early condision 18,75 % improve become 31,25 %. And at cycle II have improvement equal to 50,5 % become 81,75 %. Average value of result of learnin at cycle I experience of improvement of equal to 4,57 % with the condition of early 57,31 improve becoming 61,88 and at cycle II experience of improvement of equal to 14,37 % becoming 76,25. Keywords: PTK, Learning Outcomes, Improving Learning

Detail Informasi