
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas III SDN 001 Pujungan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Sarai Ngau - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 001 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 001 Pujungan yang berjumlah 15 SISWA. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (disiplin, kerjasama dan santun), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SDN 001 Pujungan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 67% pada siklus II meningkat menjadi 93%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 47% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 73% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: PTK, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 001 Pujungan at first semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students III class in SDN 001 Pujungan which consists of 15 students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, thorough, and be liable) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of STAD can improve students’ achievement in learning at the III class in SDN 001 . It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 67%, and having an improvement in cycle II, that is 93%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 47%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 73%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Classroom Action Research, Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type STAD