Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Struktur Tanah Di Kelas V SDN 015 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Struktur Tanah Di Kelas V SDN 015 Tanjung Palas

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Struktur Tanah Di Kelas V SDN 015 Tanjung Palas

Pengarang : Samuel Lawai - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi struktur tanah melalui penerapan model pembelajaran discovery learning di kelas V SDN 015 Tanjung Palas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 015 Tanjung Palas yang berjumlah 12 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa, dan lembar penilaian psikomotorik siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 60,00% dari kriteria ketuntasan minimum 68 Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 66,67% menjadi 75,00% masing-masing siklus. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran IPA pada materi struktur tanah di kelas V SDN 015 Tanjung Palas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Discovery Learning

This study aims to improve science learning outcomes in the material structure of the soil through the application of discovery learning model of learning in class V SDN 015 Tanjung Palas. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. The subjects were students of class V SDN 015 Tanjung Palas amounting to 12 students, the data obtained by using students' test results in the form of essays, teacher activity observation sheet, student assessment sheets affective, and psychomotor assessment form students in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before being given the action in the classical learning completeness reached only 60.00% of the minimum completeness criteria 68 After the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 66.67% to 75, 00% of each cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the application of discovery learning model learning in science learning in the material structure of the soil in the class V SDN 015 Tanjung Palas can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, IPA, Discovery Learning Model Learning

Detail Informasi