
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 007 Sesayap Hilir
Pengarang : Rudy Agus Sugiansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi tumbuhan hijau menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas V SDN 007 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dan dirancang dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas V SDN 007 Sesayap Hilir Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung. Yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan non tes.
Hasil penelitian setelah diterapkan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA konsep tumbuhan hijau menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan rata-rata 63,3% ke siklus II meningkat rata ratanya menjadi 81,3%. Sehingga dapat diketahui bahwa ada peningkatan kerja ilmiah sebesar 18%. Begitu juga dengan persentase ketuntasan kelas pada siklus I adalah 46,7%, dan pada siklus II meningkat menjadi 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan agar di dalam pembelajaran IPA dapat menerapkan metode eksperimen untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan masalah, tinjauan pustaka dan kerangka berpikir yang telah dipaparkan, maka dirumuskan hipotisis sebagai berikut: dengan menggunakan metode eksperimen di kelas V SDN 007 Sesayap Hilir maka, hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dapat meningkat.
The objective of the research was to improve the natural science learning achievement on green plants by using exsperimental method at class V of SDN 007 Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung. This research used a design of classroom action research with two cycles. Each cycle was done into four stages namely planning, implementing the action, observation and reflection. The subject of this research was the students at class V of SDN 007 Sesayap Hilir Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung which consist of 15 students. The Data were collected by using research instruments namely the technique of test and non test. The result of this research after applying exsperimental method on the green plants of science showed that there was an improvement of natural science learning achievement from the mean score 63,3% in the fist cycle to 81,3% in the second cycle. So it can be known that there was an improvement, that is 18% in such a way with the presentation of masteri learning that the mean score was 46,7%, in the first cycle to 93,3% in the scond cycle. Based on the result of the research, it can be drawn a conclusion that applying experimental method could improve the natural science learning achievement on green plants for the students at class V of SDN 007 Sesayap Hilir.