
Penerapan Metode Hands On Activity Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 001 Pujungan
Pengarang : Rudi Hartono - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah dalam meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan Metode Hands On Activity kelas V SDN 001 Pujungan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 001 Pujungan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 001 Pujungan yang berjumlah 11 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 8 siswa dan perempuan berjumlah 3 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan santun), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Hands On Activity dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 001 Pujungan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 55% pada siklus II meningkat menjadi 82%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 27% pada siklus II meningkat menjadi 91%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 18% pada siklus II meningkat menjadi 91%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Hands On Activity
The objective of this study is to improve Mathematics’ Hands On Activity at the V class in SDN 001 Pujungan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 001 Pujungan at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of V class in SDN 001 Pujungan which consists of 8 male and 3 female students. The research is conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing Method Hands On Activity can improve students’ achievement in learning at the V class in SDN 001 Pujungan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 55%, and having an improvement in cycle II, that is 82%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 27%, and having an improvement in cycle II, that is 91%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 18%, and having an improvement in cycle II, that is 91%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Method Hands on Activity