Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Pujungan Pada Materi Keragaman Suku Bangsa | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Pujungan Pada Materi Keragaman Suku Bangsa

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Pujungan Pada Materi Keragaman Suku Bangsa

Pengarang : Rinthi Sarah Lungung - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Keragaman Suku Bangsa dengan menerapkan Metode Pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 002 Pujungan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 002 Pujungan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 002 Pujungan yang berjumlah 7 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 4 siswa dan perempuan berjumlah 3 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (karakter kerjasama, tanggung jawab dan saling menghargai), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas IV SDN 002 Pujungan dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsa siswa kelas IV SDN 002 Pujungan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 57% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 29% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 29% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Picture and Picture, Siswa

This reseach aims is to improving learning outcome IPS in tribes of natio veriety with using picture and picture learning methode to student at grade IV SDN 002 Pujungan. The research design of this study is classroom action research (CAR) implemented in SDN 002 Pujungan at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of IV class in SDN 002 Pujungan which consists of 4 male and 3 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by using picture and picture learning methode in student IV SDN 002 Pujungan can improving learning outcome IPS to tribes of the nation vareaty. in cycle I learning outcome canplatness to congnitif aspect is 29% and improve to 100% in cycle II, in cycle I learning otcoe completeness to afektif aspect is 29% and improve to 100% in cycle II and then in cycle learning outcome completeness to psikomotorik aspect is 29% and improve to 100% in cycle II. So the conclucion that this research succesful and appropriate with succesfully indicator. Keywords: Learning Outcome, Picture and Picture Learning Methode, Student

Detail Informasi