Peningkatan Hasil Belajar PKn Model Problem Solving Dengan Media Flash Card Pada Siswa Kelas V SDN 003 Malinau Selatan Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peningkatan Hasil Belajar PKn Model Problem Solving Dengan Media Flash Card Pada Siswa Kelas V SDN 003 Malinau Selatan Hilir

Peningkatan Hasil Belajar PKn Model Problem Solving Dengan Media Flash Card Pada Siswa Kelas V SDN 003 Malinau Selatan Hilir

Pengarang : Ribka - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn menggunakana model problem solving dengan media flash card pada siswa kelas V SDN 003 Malinau Selatan Hilir. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 003 Malinau Selatan Hilir tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki kegiatan utama atau tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik serta tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar PKn (aspek kognitif) dengan 75% siswa mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70 dan mencapai 75% dengan kategori baik pada aspek afektif dan aspek psikomotorik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan model problem solving dengan media flash card terbukti dapat meningkatkan hasil belajar PKn kelas V tahun pembelajaran 2015/2016 yaitu memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan ≥ 70, ketuntasan yang diperoleh siswa pada aspek Afektif, dari siklus I sebanyak 11 siswa menjadi 14 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan dari siklus I sebesar 73% menjadi 93% pada siklus II, aspek Psikomotorik dari siklus I sebanyak 10 siswa menjadi 13 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan siklus I sebesar 67% menjadi 87% pada siklus II, serta aspek Kognitif siswa dari siklus I sebanyak 11 siswa menjadi 14 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan 73% menjadi 93% pada siklus II. Tercapainya indikator keberhasilan ketuntasan klasikal dan KKM diatas minimal 75% pada aspek kognitif yaitu 93% maka penelitian ini dianggap berhasil pada materi menghargai keputusan bersama.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Problem Solving

Aims of this study are to improve student learning outcomes of civic education using problem solving model with flash card media of V grade student at SDN 003 Malinau Selatan Hilir. This study includes classroom action research with the subject of research is the V grade at SDN 003 Malinau Selatan Hilir in academic year 2015/2016 which amounts to 15 students. This study was conducted within two cycles and each cycle consist of planning, action and observation, and reflection. The research instrument used in this research are the student activity sheet, teacher observation sheet, affective and psychomotor observation sheet and achievement test. Indicators of success in this research is characterized by increasing student learning outcomes of civic education with 75% of students can achieve in KKM which determined at 70 and with 75% of student achieving good criteria in affective aspect and psychomotor aspect. The results of this study is indicating that use of problem solving model with flash card media has proven to improve student learning outcomes of civic education in V grade student at SDN 003 Malinau Selatan Hilir in academic year 2015/2016 that reaching the criteria specified minimum completeness is good in affective aspect and psychomotor aspect, and student who pass the affective aspect as many as 11 students with percentage 73% in the first cycle and increased 14 students with percentage 93% in the second cycle, in psychomotor aspect in the first cycle was obtained 10 student with percentage of 67% and increased to 13 student with percentage 87% in the second cycle also cognitive aspects in the first cycle was obtained 11 student with percentage of 73% and increased to 14 student with percentage 93% in the second cycle. Achieving success indicator above the minimum 75%, is 93%, this research considered successful in the matter of appreciate the joint decision. Keywords: Learning Outcomes of Civic Education, Problem Solving Model with Flash Card Media

Detail Informasi