Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Siswa Kelas I SDN 002 Malinau Selatan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Siswa Kelas I SDN 002 Malinau Selatan

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Siswa Kelas I SDN 002 Malinau Selatan

Pengarang : Ratnawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan metode Kartu Kata telah diterapkan pada siswa kelas I SDN 002 Malinau Selatan tahun ajaran 2015/2016. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN 002 Malinau Selatan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah materi Bahasa Indonesia dengan menerapkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Menggunakan Media Kartu Kata dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas I SDN 002 Malinau Selatan.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model siklus yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Arikunto yang setiap siklusnya terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan nilai siswa dapat mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran Media Kartu Kata. Data awal ketuntasan siswa pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SDN 002 Malinau Selatan adalah 35 % secara klasikal dengan kategori tuntas, setelah dilakukan penerapan pembelajaran dengan Media Kartu Kata pada siklus I menjadi 46,67 % dan terus meningkat pada siklus II menjadi 93,33%.
Terkait dengan hasil penelitian, maka diharapkan bahwa guru dapat melatih dan menerapkan metode Media Kartu Kata pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Metode Menggunakan Media Kartu Kata dan Hasil Belajar

Classroom Action Research (PTK) with the adoption of Media Card Word has applied to the first grade students of SDN 002 South Malinau academic year 2015/2016. Subjects were students of class I SDN 002 South Malinau totaling 30 people. The object of this study is to apply the material Theme Healthy learning media. The purpose of this study was to determine whether the learning model Media Card Words can improve learning outcomes Healthy scene in grade I SDN 002 South Malinau. The design used in this research is the Classroom Action Research (PTK). Cycle model used in this study is a model Arikunto which each cycle consists of Planning, Implementation, observation and reflection. The results showed that the acquisition value of the students may have increased after the implementation of learning methods Media Card said. Preliminary data completeness teaching students healthy Scene class I SDN 002 Healthy Malinau is 35% complete in the classical categories, after the application of learning by Media Card said the first cycle to 46,67% and continues to increase in the second cycle to 93,33%. Related to the research results, it is expected that teachers can train and implement methods Media Card said on learning healthy scene. Keywords: Media Card Words and Learning Outcomes

Detail Informasi