Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Undangan Menggunakan Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Undangan Menggunakan Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sesayap Hilir

Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Undangan Menggunakan Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas V SDN 009 Sesayap Hilir

Pengarang : Ramli Ardianto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Undangan Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Dan Model discovery pada Siswa Kelas V SDN 009 Sesayap Hilir. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Bentuk tes berupa soal essay dan bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 009 Sesayap Hilir dengan jumlah siswa 15 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa melalui model discovey pada materi menulis surat undangan. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 62% pada siklus I menjadi 87.7% pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan sangat baik.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Penerapan Model Discovery

Improving students’ writing abilities on invitation letter by using scientific approach and discovery model at fifth grade students of SDN 009 Sesayap Hilir. In conducted this research, the researcher used Classroom Action Research (CAR) design with two cycles. The tests were in the form of individual essay. The questions were suited with the special instructional purpose which has been formulated. The subjects of this research were 15 fifth grade students of SDN 009 Sesayap Hilir. The technique of data analysis used was qualitative data (students’ attitudes) and quantitative (students’ achievements). The analysis results showed that there was an improvement in students’ learning achievements on Bahasa Indonesia subject through discovery model on the material of writing invitation letters. The mean of the students’ achievements improved from 62% at cycle I to 87.7% at cycle II. That improvement proved that students’ masteries level can be categorized as very good. Keywords: Learning Achievement, the Application of Discovery Model

Detail Informasi