
Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Pujungan
Pengarang : R. Udang Laing - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menerapkan metode demonstrasi di kelas IV SDN 004 Pujungan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing- masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi dokumen, non tes, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian afektif siswa, lembar pengamatan psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar pengamatan aktivitas mengajar guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Persentase ketuntasan hasil belajar pada ranah afektif pada siklus I sebesar 40,00% dan meningkat di siklus II menjadi 100%. Pada penilaian psikomotorik siklus I memperoleg 60,00% dan siklus II persentasenya mencapai 100%. Persentase keberhasilan belajar aspek kognitif secara klasikal pada siklus I sebesar 60,00% meningkat menjadi 80,00% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 004 Pujungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Metode Demonstrasi
Classroom Action Research (PTK) aims to improve learning outcomes by applying the method Civics demonstration in class IV SDN 004 Pujungan. Classroom Action Research (PTK) is conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation and reflection. Data collection techniques used were interviews, observation, document study, non test, and test. Data collection instruments used were a test of learning outcomes, student assessment sheets affective, psychomotor observation sheet of students, student activity observation sheet, and the observation sheet teaching activities of teachers in the management of learning. Percentage mastery learning outcomes in the affective domain in the first cycle of 40.00% and increased in the second cycle to 100%. In the first cycle obtained at the first cycle of 60.00% increase to 80.00% in the second cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the application of demonstration method in teaching civics in grade IV SDN 004 Pujungan can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Civics, Method Demonstrations