Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kesehatan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Tematik Pada Siswa Kelas II SDN 001 Malinau Selatan Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kesehatan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Tematik Pada Siswa Kelas II SDN 001 Malinau Selatan Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Kesehatan Menggunakan Permainan Kartu Huruf Tematik Pada Siswa Kelas II SDN 001 Malinau Selatan Hilir

Pengarang : Prancen - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema kesehatan dengan menggunakan permainan kartu huruf tematik pada siswa kelas II SDN 001 Malinau Selatan Hilir. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN 001 Malinau Selatan Hilir tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki kegiatan utama atau tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik serta tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan 75 % siswa mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan kartu huruf terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 001 Malinau Selatan Hilir. Penelitian ini lebih menekankan pada tiga aspek yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. Ketuntasan pada aspek kognitif mengalami peningkatan setelah menggunakan permainan kartu huruf tematik pada siklus I diperoleh 60% menjadi 90% pada siklus II. Pada aspek psikomotorik pada siklus I diperoleh dengan persentase 70% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Aspek afektif pada siklus I diperoleh dengan persentase 80% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Permainan Kartu Huruf Tematik

Aims of this study are to improve student learning outcomes on health themes using thematic letter card game of II grade student at SDN 001 Malinau Selatan Hilir. This study includes classroom action research with the subject of research is the II grade at SDN 001 Malinau Selatan Hilir in academic year 2015/2016 which amounts to 10 students. This study was conducted within two cycles and each cycle consist of planning, action and observation, and reflection. The research instrument used in this research are the student activity sheet, teacher observation sheet, affective and psychomotor observation sheet and achievement test. Indicators of success in this research is characterized by increasing student learning outcomes with 75% of students can achieve in KKM which determined at 70. The results of this study is indicating that use of letter card game has proven to improve student learning outcomes of II grade student at SDN 001 Malinau Selatan Hilir. This study emphasizes on the three aspects of cognitive, psychomotor and affective. Exhaustiveness on cognitive aspects increased after using the thematic letter card game on the first cycle obtained 60% to 90% in the second cycle. In psychomotor aspect in the first cycle was obtained with percentage of 70% and increased to 100% in the second cycle. Affective aspects in the first cycle was obtained with percentage of 80% and increased to 100% in the second cycle. Keywords: Learning Outcomes, Thematic Letter Card Game

Detail Informasi