Penerapan Metode Demonstrasi Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN 013 Malinau Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Metode Demonstrasi Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN 013 Malinau Utara

Penerapan Metode Demonstrasi Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN 013 Malinau Utara

Pengarang : Petrus Mela - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN 013 Malinau Utara semester II tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 21 orang terdiri atas dua belas orang laki-laki dan sembilan orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan non tes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan belajar siswa menjadi 52% pada siklus II menjadi 76%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan panggunaan metode demostrasi kartu bilangan dapat memberikan Peningkatan Kemampuan Berhitung Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SDN 013 Malinau Utara.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Metode Demonstrasi Kartu Bilangan

This research was use action class research with two cycle. Each cycle consisted of two meetings. The participants of this research were the students of the second grade of the students’ SDN 013 Malinau Utara second semester school year 2015/2016. The number of participants where it consisted of 12 male and 9 female students. The technic of collection data was test and non-test technique. This research was done in May 2016. The result of the research showed there was on improvement on students’ learning result. This could be seen from the result which were achieve on each cycle, after giving an action of cycle one the students’ learning completeness was 52% and on the second cycle was 76%. We can say that this research was successful based on successful indicator. We can conclude that the Applying Demonstration Method by using numerical card can improve the ability to Calculate in learning mathematic at the second grade of the students’ SDN 013 Malinau Utara. Keywords: Learning Result, Mathematic, Demonstration Method by Using Numerical Card

Detail Informasi