Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Team Quis Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Sungai Tubu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Team Quis Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Sungai Tubu

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Team Quis Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Sungai Tubu

Pengarang : Petrus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung bilangan bulat melalui metode Team Quis.
Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 003 sungai tubu yang berjumlah 12 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Taknik pengumpulan data yang digunakan melalui Wawancara, dan Observasi, Dokumentasi, Tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap : identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan,implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklua terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menujukan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung bilangan bulat yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal operasi hitung bilangan bulat sebesar 80% atau 12 siswa dan pada siklus II sebesar 95% atau 12 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Team Quiz mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Metode Team Quiz

This study aims to improve the learning outcomes of mathematics of integer counting operations through the Team Quis method. The subjects of the study were teachers and grade IV students of SD Negeri 003 sungai Tutu, totaling 12 students. This form of research is Classroom Action Research (PTK). Data collection techniques used through Interviews, and Observation, Documentation, Tests, and field notes. Data analysis techniques use interactive analysis techniques consisting of 3 components, namely: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research procedure includes the stages: problem identification, preparation, preparation of action plans, implementation of actions, observations, and preparation of plans. This research process is carried out in two cycles, each cycle consists of four stages, namely: planning, action, observation, and reflection. The results of the study showed an increase in student mathematics learning outcomes. The improvement in learning outcomes can be seen from the acquisition of students' scores in doing integer counting operation problems which increase from cycle I and cycle II. In cycle I, the percentage of completion of student learning outcomes in doing integer counting operation questions was 80% or 12 students and in cycle II it was 95% or 12 students. This proves that the application of the Team Quiz method is able to improve student mathematics activities and learning outcomes. Keywords: Student Activities And Learning Outcomes, Team Quiz Method

Detail Informasi