Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Sesayap

Pengarang : Nurdin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika materi Operasi Perkalian dan Pembagian menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas IV SDN 008 Sesayap.
Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Bentuk tes berupa soal isian dan bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 008 Sesayap dengan jumlah siswa 11 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Matematika siswa Melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi Operasi perkalian dan pembagian. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 67.2% pada siklus I menjadi 85.4% pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan Sangat Baik.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

The objective of this research is to improve students’ learning achievements on Mathematics by using cooperative learning model type STAD (Student Teams Achievement Divisions) at fourth grade of SDN 008 Sesayap. In conducted this research, the researcher used Classroom Action Research (CAR) with two cycles. The tests were in the form of filled questions. The questions were suited with special instructional purpose which has been formulated. The subjects of this research were 11 fourth grade students of SDN 008 Sesayap. The techniques of data analysis used were qualitative data (students’ attitudes) and quantitative data (students’ learning achievements). The analysis results showed that there was an improvement on students’ learning achievements Mathematics by using cooperative learning model type STAD (Student Teams Achievement Divisions). The mean of the students’ achievements improved from 75.8% at cycle I to 90.4% at cycle II. That improvement proved that students’ masteries level can be categorized as very good. Keywords: Learning Achievement, STAD (Student Teams Achievement Divisions)

Detail Informasi