Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Melalui Penerapan Pendekatan Scientific Siswa Kelas IV SDN 004 Malinau Barat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Melalui Penerapan Pendekatan Scientific Siswa Kelas IV SDN 004 Malinau Barat

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Melalui Penerapan Pendekatan Scientific Siswa Kelas IV SDN 004 Malinau Barat

Pengarang : Musa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi pecahan melalui penerapan pendekatan Scientific siswa kelas IV SDN 004 Malinau Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing - masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek ini adalah siswa kelas IV SDN 004 Malinau Barat yang berjumlah 20 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aspek afektif dan psikomotor dalam bentuk rubrik tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay, lembar observasi aktifitas guru dan lembar obsevasi aktifitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran.
Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 20% dari kriteria ketuntasan minimal (60). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, Pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 56% sampai 96% masing-masing siklus.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa Kelas IV SDN 004 Malinau Barat.

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN 004 Malinau Barat

The purpose of the result contents is about to improving math learning activity student grade claas IV at SDN 004 Malinau Barat by applying the implementation of scientific model in materi pecahan. The kind of this research is classroom action research which conducts in two cycles, Research instrument used planning, observation and reflection. Subject research is class IV grde student SDN 004 Malinau Barat with total number of student 20, the research instrument that had been used is essay sheet for student and also the observation sheet for learning activity of the teacher and student. The design of these student was qualitative. Whereas in the first posttest by applying the learning model had enhanced 20% from minimal criteria (60) and, based on the learning activity have occurred the enhancing from the first to second cycle the achievement for each cycle 56% being 96%. The conclusion that applying scientific model hopefully valuable to develop and increase the learning activity in student 4 grade at SDN 004 Malinau Barat. Keywords: Scientific Model, Math Study Result Through the Implementation of Scientific Model in Subject 4 Gradeat SDN 004 Malinau Barat

Detail Informasi