Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (IPA, IPS Dan Matematika) Pada Tema Diri Sendiri Menggunakan Model Pembelajaran Distinq Pada Siswa Kelas II SDN 010 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (IPA, IPS Dan Matematika) Pada Tema Diri Sendiri Menggunakan Model Pembelajaran Distinq Pada Siswa Kelas II SDN 010 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (IPA, IPS Dan Matematika) Pada Tema Diri Sendiri Menggunakan Model Pembelajaran Distinq Pada Siswa Kelas II SDN 010 Sesayap

Pengarang : Muhammad Said - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik (IPA, IPS, Matemtika) menggunakan Model Pembelajaran Distinq Siswa Kelas II SDN 010 Sesayap.
Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Bentuk tes berupa soal isian dan bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 010 Sesayap dengan jumlah siswa 12 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Tematik siswa melalui Model Pembelajar Distinq pada materi Dokumen penting. Rata rata hasil belajar siswa meningkat dari 71.6% pada siklus I menjadi 80.8%, pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Distinq

The purposed of this research is to improve Thematic result study (Science, Social and Math) self-theme using distinct at students in class II SDN 010 Sesayap. This research used classroom action research with two cycles. Test model used essay and individual. The test suitable with special purpose instruction which is formulated. The samples of this research are students in class II SDN 010 Sesayap with student’s number 12 students. The data analyses technique used is qualitative (student’s attitude) and quantitative (student’s result study). The data analyses result showed that the improvement thematic students result study by using distinct learning model in subject important document. The average result study improves from 71.6% at the first cycle become 80.8 % at the second cycle. The improvement proved that student’s level mastery can be categorized is good. Keywords: Result Study, Distinct Learning Model

Detail Informasi