Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Pujungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Pujungan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Pujungan

Pengarang : Mina Usat - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas IV SDN 008 Pujungan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, studi dokumen, non tes, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian afektif siswa, lembar pengamatan psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar pengamatan aktivitas mengajar guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Persentase ketuntasan hasil belajar pada ranah afektif pada siklus I sebesar 62,50% dan meningkat di siklus II menjadi 100%. Pada penilaian psikomotorik siklus I dan siklus II persentasenya mencapai 100%. Persentase keberhasilan belajar aspek kognitif secara klasikal pada siklus I sebesar 62,50% meningkat menjadi 87,50% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN 008 Pujungan dapat meningkatkan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match

Classroom Action Research (PTK) aims to improve learning outcomes Civics by implementing cooperative learning model make a match in the fourth grade SDN 008 Pujungan. Classroom Action Research (PTK) is conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation and reflection. Data collection techniques used were interviews, observation, document study, non test, and test. Data collection instruments used were a test of learning outcomes, student assessment sheets affective, psychomotor observation sheet of students, student activity observation sheet, and the observation sheet teaching activities of teachers in the management of learning. Percentage mastery learning outcomes in the affective domain in the first cycle of 62.50% and increased in the second cycle to 100%. In the assessment of psychomotor first cycle and the second cycle percentage reached 100%. The percentage of successful cognitive aspects of learning classical at the first cycle of 62.50% increase to 87.50% in the second cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the implementation of cooperative learning model make a match in teaching civics in grade IV SDN 008 Pujungan can improve. Keywords: Learning Outcomes, Civics, Cooperative Learning Model, Make a Match

Detail Informasi