Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Sungai Tubu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Sungai Tubu

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Sungai Tubu

Pengarang : Matius - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian tindakan kelas Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Sungai Tubu, bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS materi Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Koorperatif STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Sungai Tubu?. Selain itu penelitian ini berguna untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Students Teams-Achievement Divisions dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan pada Siswa Kelas IV SDN 004 Sungai Tubu?
Metodologi Penelitian yang digunakan meliputi, setting tempat dan waktu, yaitu di SDN 004 Sungai Tubu dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 13 anak, sekaligus sebagai sumber data primer. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari temuan dan catatan selama pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan melalui dua tahap yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Untuk teknik pengumpulan data digunakan teknik tes berupa tes tertulis melalui alat pengumpulan data berupa materi soal tes. Selanjutnya untuk menjaga validitas hasil penelitian maka data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode pengumpulan dan pengolahan data dengan analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil antara siklus I dengan hasil siklus II dan temuan selama pelaksanaan penelitian yang selanjutnya dibahas bersama dengan teman sejawat yang bertindak sebagai observer sekaligus kolaborator.
Hasil penelitian menunujukan prestasi belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 53,9 dengan ketuntasan belajar 15%, pada siklus II diperoleh nilai rata rata 84,1 dengan ketuntasan belajar 100% Hasil ini pada siklus II rerata prosentase aktivitas siswa mencapai 94,1% yang termasuk dalam kategori sangat baik.
Hasil analisis pelaksanaan penelitian melalui penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan, bahwa secara teoritis dan secara empirik penelitian yang dilaksanakan dapat dipertanggungjawabkan karena pelaksanaan penelitian telah berdasar pada kajian teori maupun metodologi penelitian dan hasilnya adalah penelitian telah mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 004 Sungai Tubu.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, STAD

Classroom action research IPS Improved Learning Outcomes Through Cooperative Model Type STAD (Student Teams Achievement Divisions) Students of Class IV SDN 004 Sungai Tubu, aims to increase the activity and results of social studies material Getting to know the diversity of natural and artificial appearance. The problems in this research are: (1). How Application of cooperative learning model STAD Students of Class IV SDN 004 Sungai Tubu?. In addition this study is useful to know whether the type cooperative learning methods Students Teams-Achievement Divisions in learning can improve learning outcomes Know the material IPS diversity of natural and artificial appearance in Class IV SDN 004 Sungai Tubu? Research Methodology used include, setting the place and time, at SDN 004 Sungai Tubu with research subjects all students of fourth grade totaling 13 children, as well as the primary data source. While secondary data sources come from the findings and notes during the implementation of the research conducted in two phases: the first cycle and the second cycle phase. Data collection techniques used to test the technique in the form of a written test through data collection tools in the form of material about the test. Furthermore, to maintain the validity of research results, the data gathered are then analyzed using the methods of collecting and processing of data with a comparative descriptive analysis, comparing the results between the first cycle with the results of the second cycle and the findings during the conduct of research which are then discussed together with colleagues who acted as an observer once collaborators. Results of research showing that learning achievements in the first cycle obtained an average value of 53.9 with 15% completeness study, the second cycle was obtained an average value of 84.1 with 100% completeness study's results in the second cycle the average percentage of student activity reached 94, 1% are included in the excellent category. The results of the analysis of the implementation of research through action research, we can conclude, that the theoretical and empirical research conducted accountable for the implementation of the research has been based on the study of the theory and methodology of the study and the result is that research can improve learning outcomes and student activity in learning IPS Students class IV SDN 004 Sungai Tubu. Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning, STAD

Detail Informasi