Penerapan Pendekatan Scientific Berbantuan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Peristiwa Alam Di Kelas V SDN 001 Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Scientific Berbantuan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Peristiwa Alam Di Kelas V SDN 001 Tanjung Palas Utara

Penerapan Pendekatan Scientific Berbantuan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Peristiwa Alam Di Kelas V SDN 001 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Marcelinus P.O. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi peristiwa alam dengan menerapkan pendekatan scientific berbantuan metode project based learning di kelas V SDN 001 Tanjung Palas Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 001 Tanjung Palas Utara yang berjumlah 23 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa, dan lembar penilaian psikomotorik siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 54,54% dari kriteria ketuntasan minimum 67. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 69,56% menjadi 82,60% masing-masing siklus. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan pendekatan scientific berbantuan metode project based learning pada materi peristiwa alam di kelas V SDN 001 Tanjung Palas Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Scientific, Metode Project Based Learning

This study aims to improve science learning outcomes in the material natural events by applying scientific approach aided project based learning method in class V SDN 001 Tanjung Palas Utara. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were students of class V SDN 001 Tanjung Palas Utara amounting to 23 students, the data obtained by using students' test results in the form of essays, teacher activity observation sheet, student assessment sheets affective, and psychomotor assessment form students in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before being given the action in the classical learning completeness reached only 54.54% of the minimum completeness criteria 67. After the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 69.56% to 82, 60% of each cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the application of scientific approach aided methods of project-based learning on the material nature of events in class V SDN 001 Tanjung Palas Utara can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Natural Science, Scientific Approach, Method of Project Based Learning

Detail Informasi