Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Dan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Bahau Hulu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Dan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Bahau Hulu

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Dan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Bahau Hulu

Pengarang : Luther Betung - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan dengan menerapkan penekatan kontekstual dan media gambar pada siswa kelas IV SDN 001 Bahau Hulu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 001 Bahau Hulu pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 001 Bahau Hulu yang berjumlah 12 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 7 siswa dan perempuan berjumlah 5 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (percaya diri, kerjasama, dan teliti), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan media gambar dan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN 001 Bahau Hulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 33% pada siklus II meningkat menjadi 66%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 50% pada siklus II meningkat menjadi 83%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 50% pada siklus II meningkat menjadi 91%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar Dan Pendekatan Kontekstual

The objective of this study is to is to Increasing Students’ Achievement of Learning Science Topic of Structure and function of the plants by applying picture media and contextual approach in grade IV SDN 001 Bahau Hulu. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 001 Bahau Hulu at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of IV class in SDN 001 Bahau Hulu which consists of 7 male and 5 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (confident, team work, and thorough) and psychomotor assessment. The result of this research showed implementing pictures media and contextual approach can improve students’ achievement in learning Science topic of Structure and function of the plants at the IV class in SDN 001 Bahau Hulu. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 33%, and having an improvement in cycle II, that is 66%. in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 50%, and having an improvement in cycle II, that is 83%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 50%, and having an improvement in cycle II, that is 91%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Pictures Media and Contextual Approach

Detail Informasi