Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Menghargai Dan Menaati Keputusan Bersama Siswa Kelas V SDN 002 Malinau | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Menghargai Dan Menaati Keputusan Bersama Siswa Kelas V SDN 002 Malinau

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Menghargai Dan Menaati Keputusan Bersama Siswa Kelas V SDN 002 Malinau

Pengarang : Lirai - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pkn materi menghargai dan menaati keputusan bersama dengan menerapkan model pembelajaran cooperative tipe group investigation pada siswa kelas V SDN 002 Malinau selatan Hilir.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 002 Malinau Selatan Hilir pada semester II Tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah kelas V yang berjumlah 24 siswa dengan laki-laki 14 siswa dan perempuan 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, Tindakan observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penelitian aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran cooperative tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar Pkn materi menghargai dan menaati keputusan bersama di kelas V SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberi tindakan ketuntasan belajar hanya 39% dan setelah diberikan tidakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif 59%. Pada siklus II meningkat menjadi 83%. Pada aspek afektif siklus I ketuntasan hasil belajar 58%. Pada siklus II meningkat menjadi 94%. Kemudian pada aspek psikomotorik siklus I ketuntasan hasil belajar 50%. Pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

The purpose of this research is to improve the learning outcomes of Civic Education materials respect and abide by the decision along with applying the learning model cooperative type group investigation in class V SDN 002 Malinau south downstream. This type of research is the Classroom Action Research (PTK) held at SDN 002 South Malinau Downstream the second semester of the 2015/2016 academic year. The research subject is class V amounting to 24 students with 14 male students and 10 female students. This study was conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action observation of student activities, teacher observation sheet activities, research of cognitive, affective aspects, aspects psikomotorik. The results showed that by applying the model type group investigation cooperative learning can improve learning outcomes Civic Education materials respect and obey the decision together in class V SDN 002 South Malinau Hilir. It can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action only 39% completeness study and after being given the action from the first cycle completeness cognitive learning outcomes 59%. In the second cycle increased to 83%. In the first cycle of the affective aspects of learning outcomes completeness 58%. In the second cycle increased to 94%. Then on the first cycle completeness psychomotor aspects of learning outcomes 50%. In the second cycle increased to 100%. It can be said that the research has been successful according to the indicators of success. Keywords: Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type Group Investigation

Detail Informasi