
Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Di Kelas V SDN 011 Malinau Kota
Pengarang : Lilis Abriana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) . penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SDN 011 Malinau Kota yang memiliki masalah dalam hasil belajar IPA. Permasalah tersebut adalah ada 14 siswa yang belum mencapai KKM (≥65), dan nilai rata-rata kelas hanya mencapai 60,8.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tersusun dalam beberapa kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen tes dan observasi untuk mendapatkan data.
Data dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa penelitian ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator keberhasilan (80%). Pada siklus II, pada aspek kognitif siswa yang mencapai KKM (≥65) mencapai 22 siswa, yang berarti keberhasilan belajar siswa pada aspek kognitif mencapai 88%. Selanjutnya, untuk aspek afektif, pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau mencapai 88% dan untuk aspek psikomotorik, siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa atau mencapai 100%. Dapat disimpulkah bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Selanjutnya, data dari hasil observasi kegiatan siswa menunjukan bahwa keaktifan siswa meningkat. Pada siklus I, nilai rata-rata keaktifan siswa adalah 68,6%, dan meningkat pada siklus II yang mencapai 84,33%. Jadi, pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Kata Kunci: IPA, Contextual Teaching and Learning (CTL)
The purpose of this research is to improve the students’ learning outcomes by using Contextual Teaching and Learning (CTL) model. This research was The Classroom Action Research. The subjects of this research was 25 students of fift grades on SDN 011 Malinau Kota whose has the problems of their learning outcomes on Science subject. The problem was there are 14 students whose did not reached the passing grade (≥65), and the average of their learning outcomes only reached 60,8. This research was conduct on two cycles. On each cycles consist of two actions. Then, each actions consist of some activities such as: planning, acting, observing, and reflecting. On this reasearch, the researcher use test and observation technique to collect the data. The data of this research proves that this research was indicated succsed to improved students’ learning outcomes. Here are some proves: the research was passed the success indicator (80%). In cycle II, the students whose reached the passing grade were 22 students which means that the learning completeness of cycle II reached 88%. Then, the data from observation shows that the students’ activeness was improved. In cycle I, the average of students’ activeness was reached 68,6%, and it improved on the cycle II which reached 84,33%. Keywords: IPA, Contextual Teaching and Learning (CTL)