Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Rangka Dan Alat Indra Manusia Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 003 Bahau Hulu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Rangka Dan Alat Indra Manusia Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 003 Bahau Hulu

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Rangka Dan Alat Indra Manusia Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 003 Bahau Hulu

Pengarang : Li Idan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berdasarkan data awal di SDN 003 Bahau Hulu ditemukan berbagai masalah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV antara lain: didalam pembelajaran guru menggunakan metode tidak sesuai dengan materi. Sehingga mengolah kelas kuarang optimal yang menjadikan siswa tidak aktif, kuarang antusias, bahkan siswa tidak menguasai konsep IPA. Faktor tersebut mengakibatkan pada hasil belajar siswa rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA materi rangka dan alat indera manusia dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 003 Bahau Hulu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian menggunakan metode. Penelitian dilakukan di SDN 003 Bahau Hulu, dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 6 siswa, terdiri dari 2 perempuan dan 4 laki-laki. Variabel yang digunakan adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data berasal dari guru, foto, dan instrumen yang digunakan adalah observasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian berdasarkan data hasil observasi keterampilan guru, keaktivan siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui metode demonstrasi. Peneliti memperoleh hasil penilaian aktivitas siswa yang masih berada pada kategori cukup dengan nilai 63, aktivitas guru pada kategori baik dengan nilai 66 serta hasil belajar IPA pada ketiga aspek kognitif sebesar 33%, afektif 66% dan psikomotorik 66%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa yaitu berada pada kategori sangat baik dengan nilai 83, aktivitas guru pada saat proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan nilai 91.

Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar IPA, Metode Demonstrasi

Based on preliminary data on the SDN 003 Bahau Hulu found a variety of problems in science teaching in grade IV, among others: the teacher in the learning method in accordance with the material. So the process that makes optimal kuarang class students are not active, enthusiastic kuarang, even students do not master the concepts of science. These factors resulted in lower student learning outcomes. The purpose of this study was to Improve Learning Outcomes framework of material science and human sensory organs by using Method Demonstration in grade IV SDN 003 Bahau Hulu. This type of research is a classroom action research consisted of two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Research methods. The study was conducted in SDN 003 Bahau Hulu, with research subjects in grade IV with a number of 6 students, consists of 2 women and 4 men. The variables used are the skills of teachers, student activities, and student learning outcomes. Source of data derived from the teacher, photographs and instruments used are observation and field notes. The results based on the data on the observation skills of teachers, keaktivan students and student learning outcomes in learning science through the method of demonstration. Researchers obtain the results of the assessment of student activity which is still in the category enough with a value of 63, the activities of teachers in both categories with 66 grades and learning outcomes in all three aspects of cognitive science by 33%, 66% affective and psychomotor 66%. In the second cycle of student learning activities that are in the very good category with a value of 83, the teacher's activities during the learning process are in the very good category with a value of 91. Keywords: Improving Learning Outcomes IPA, Methods Demonstration

Detail Informasi