Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Tengah | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Tengah

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Tengah

Pengarang : Lamsiah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi masalah sosial dalam masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Tengah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 2 cara, yaitu tes dan non tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek yang diperoleh siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8,13 dan afektif meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 14,80. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif meningkat dari siklus I ke siklus II. Maka, presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 66,67% meningkat menjadi 80% pada siklus II.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi masalah sosial dalam masyarakat di kelas IV SDN 007 Tanjung Palas Tengah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Classroom Action Research (PTK) aims to improve learning outcomes IPS on the matter of social problems in the community by using cooperative learning model jigsaw in class IV SDN 007 Tanjung Palas Tengah. Classroom Action Research (PTK) is conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used there are two ways, namely testing and non-testing. Data collection instruments used were a test of learning outcomes, student assessment sheets psychomotor, affective student assessment sheets, observation of student activity sheets, and teacher observation activity sheet in the management of learning. The average results of study on psychomotor aspect for all aspects by the students in the first cycle to the second cycle increased by 8.13 and affective increased from cycle I to cycle II of 14.80. While the average learning outcomes on cognitive aspects increase from the first cycle to the second cycle. Thus, the percentage of success in the classical learning in the first cycle of 66.67% increased to 80% in the second cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the use of cooperative learning model jigsaw on the matter of social problems in society in the fourth grade SDN 007 Tanjung Palas Tengah can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, IPS, Cooperative Learning Model Jigsaw

Detail Informasi