Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SDN 007 Pujungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SDN 007 Pujungan

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SDN 007 Pujungan

Pengarang : Laeng Jau - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 007 Pujungan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 007 Pujungan yang berjumlah 5 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 3 siswa dan perempuan berjumlah 2 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (teliti, kerjasama dan bertanggung jawab), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi tempat umum pada siswa kelas III SDN 007 Pujungan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 20% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 40% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 60% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Media Gambar

The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 007 Pujungan at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of III class in SDN 007 Pujungan which consists of 3 male and 2 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, thorough, and be liable) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by using picture can improve students’ achievement in learning Indonesia Language especially the for public place material at the III class in SDN 007 Pujungan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 20%, and having an improvement in cycle II, that is 80%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 40%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 60%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, the Picture Media

Detail Informasi