
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Malinau Barat
Pengarang : Kuang - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun Ruang Sederhana dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example non Example pada siswa kelas IV SDN 008 Malinau Barat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 008 Malinau Barat pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 008 Malinau Barat yang berjumlah 20 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 10 siswa dan perempuan berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example non Example dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun ruang sederhana siswa kelas IV- SDN 008 Malinau Barat. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 55% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif tetap 55% pada siklus II meningkat menjadi 90%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
The objective of this research was to improve students’ learning result in Mathematics on the materials about the volume room. This research applied the model of cooperative learning typed Example non Example at fourth grade students at class IV of SDN 008 Malinau Barat. The research design used by the researcher was Classroom Action Research (CAR) conducted in SDN 008 Malinau Barat in semester II academic year 2015/2016. The subject of this research was the students at class IV of SDN 008 Malinau Barat. The number of the students in this class was 20 students of 10 females and 10 males. This research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of two meetings. The procedure of each cycle consisted of planning, acting or implementing, observing and reflecting. The data of this research was taken by using students’ observation sheet, teacher’s observation sheet, and cognitive assessment. The result of this research proved that by applying the model of cooperative learning typed Example non Example could improve students’ learning result in mathematics about volume room at class IV of SDN 008 Malinau Barat. It could be seen from the percentage in each cycle which the students achieved. The percentage of success was 55% only before applying the learning model. Whereas, after applying the model of learning in cycle I, students’ percentage of success in cognitive aspect was 55 % and improved to 90 % in cycle II. Therefore it can be concluded that the research was success and correlates with the indicator of success.