Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Teks Bacaan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Teks Bacaan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Teks Bacaan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir

Pengarang : Kamarudin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi Membac Teks Bacan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir.
Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Bentuk tes berupa soal Essay dan bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi Mebaca Teks Bacaan. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 66% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Improving students’ writing abilities on invitation letter by using scientific approach and contextual learning model at fifth grade students of SDN 009 Sesayap Hilir. In conducted this research, the researcher used Classroom Action Research (CAR) design with two cycles. The tests were in the form of individual essay. The questions were suited with the special instructional purpose which has been formulated. The subjects of this research were 15 fifth grade students of SDN 009 Sesayap Hilir. The technique of data analysis used was qualitative data (students’ attitudes) and quantitative (students’ achievements). The analysis results showed that there was an improvement in students’ learning achievements on Bahasa Indonesia subject through contextual learning model on the material of writing invitation letters. The mean of the students’ achievements improved from 62% at cycle I to 87.7% at cycle II. That improvement proved that students’ masteries level can be categorized as very good. Keywords: Learning Achievement, The Application of Contextual Learning Model

Detail Informasi