
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Bilangan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir
Pengarang : Kaharudin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian bilangan pada siswa kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam 2 pertemuan, dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yang dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa, dan lembar penilaian aktivitas Guru.
Penerapan materi perkalian dan pembagian bilangan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan tersebut karena sebelum pendekatan pembelajaran matematika realistik digunakan pada materi perkalian dan pembagian bilangan dikelas IV SDN 006 Sesayap Hilir ketuntasan yang dicapai hanya 50%, setelah pendekatan pembelajaran matematika realistik digunakan pada siklus I diperoleh nilai dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 57,89% dan pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar materi perkalian dan pembagian menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Materi Perkalian Dan Pembagian Bilangan, Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik
The purpose in this reseach is to improve mathematics learning results in subject of multiplication subject and dividing numbering at students in class IV SDN 006 Sesayap Hilir. The classroom action research in this reseach is obtained in two cycles, each cycle obtained in two meetings, and each cycle consists of four steps obtained from planning, action, observation, and reflection. The data collection technique which used is test and non-test. The data collection instruments used is studying test result, scoring student’s sheet activity and scoring teacher’s sheets activity. The application of multiplication subject and dividing numbering using teaching and learning mathematics realistic approach in class IV SDN 006 Sesayap Hilir proven can improve student’s learning result, the enhancement because before teaching and learning mathematics realistic approach used in multiplication subject and dividing numbering in class IV SDN 006 Sesayap hilir. The completeness which obtained only 50% after learning mathematics realistic approach used in the first cycle obtained scores with completeness percentage in clasiccal 57,89% and the second percentage in classical 84,21%. Based on the research and discussion, so can concluded if there is increased student’s learning result in multiplication subject and dividing using teaching and learning mathematics realistics approach in class IV SDN 006 Sesayap hilir. Keywords: Mathematics Learning Results, Multiplication Subject and Dividing Numbering, Using learning Mathematics Realistic Approach