
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Masalah Sosial Dalam Masyarakat Di Kelas IV SDN 004 Tanjung Palas
Pengarang : Juwita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi masalah sosial dalam masyarakat dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning di kelas IV SDN 004 Tanjung Palas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 004 Tanjung Palas yang berjumlah 20 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar penilaian afektif siswa, dan lembar penilaian psikomotorik siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 55,56% dari kriteria ketuntasan minimum 70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap, yaitu pada siklus I sebanyak 13 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas, sehingga persentase ketuntasan mencapai 65,00%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yakni sebanyak 17 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas, sehingga persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 85,00%.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPS pada materi masalah sosial dalam masyarakat di kelas IV SDN 004 Tanjung Palas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Problem Based Learning
This study aims to improve learning outcomes IPS on the matter of social problems in society by applying the learning model of problem based learning in class IV SDN 004 Tanjung Palas. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were students of class IV SDN 004 Tanjung Palas totaling 20 students, the data obtained by using students' test results in the form of essays, teacher activity observation sheet, student assessment sheets affective, and psychomotor assessment form students in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before being given the action in the classical learning completeness reached only 55.56% of the minimum completeness criteria 70. After the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually, ie in the first cycle by 13 students completed and 7 students did not complete, so the percentage of completeness reached 65.00%, while in the second cycle an increase that as many as 17 students completed and 3 students did not complete, so the percentage of completeness also increased to 85.00%. Conclusion Action Research (PTK) is the application of learning model of problem based learning in social studies lesson on the material issues in society in the fourth grade SDN 004 Tanjung Palas can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, IPS, Problem Based Learning Model Of Learning