Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas III SDN 001 Kecamatan Peso | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas III SDN 001 Kecamatan Peso

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas III SDN 001 Kecamatan Peso

Pengarang : Jalung Usat - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing di kelas III SDN 001 Peso.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observation dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 001 Peso yang berjumlah 15 siswa, data yang di peroleh melalui menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar penilaian afektif siswa, dan lembar penilaian psikomotorik siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa baik ranah afektif, psikomotorik, dan kognitif. Hasil yang diperoleh siswa pada ranah afektif yaitu siklus I rata-rata nilai sebesar 67,23 meningkat di siklus II menjadi 85,03, pada ranah psikomotorik rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 64,67 dan mengalami peningkatan di siklus II sehingga menjadi 82,17. Sedangkan hasil belajar ranah kognitif sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 52,38% dari criteria ketuntasan minimum 68. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 66,67% menjadi 86,67% masing-masing siklus.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dalam pembelajaran IPA di kelas III SDN 001 Peso dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing

The research aimed at improving natural science learning achievement by applying snowball throwing of cooperative learning model at class III of SDN 001 Peso. This research employed classroom action research (CAR) which wash conducted into two cycles in which each cycle consisted of planning, implementing an action, obsevation, and reflection. The subject of this research was the students of class III at SDN 001 Peso consisting 15 students. The data were obtained by using achievement test in a form of multiple choice, observation sheet of teacher activities, observation sheet of student activities, observation sheet of student affective aspect, and observation sheet of student psycomotoric aspect, the data were then analyzed using quantitative and qualitative procedures. These result of this research showed that there was an improvement on students’ learning achievement on affective, psycomotoric, and cognitive aspect. The achievement obtained by the students on affective aspect was that the mean score on cycle I was 67,23 which improve to 85,03 in cycle II; on psycomotoric aspect the students got 64,67 of mean score and improved to 82,27 in cycle II; then on cognitive aspect before implementing an action the students classical learning completeness was 52,38% from the criteria of minimum passing grade 68. After conducting the action from cycle I to cycle II, the learning achievement improved gradually from 66,67% to be 86,67%. It canbe drawn a conclusion that the application of snowball throwing of cooperative learning model on natural science subject at class III of SDN 001 Peso could improve the students’ learning achievement. Keywords: Learning Achievement, Natural Science Subject, Snowball Throwing Of Cooperation Learning Model

Detail Informasi