Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Diri Sendiri Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas I-A SDN 009 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Diri Sendiri Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas I-A SDN 009 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Diri Sendiri Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas I-A SDN 009 Sesayap

Pengarang : Jainab - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tematik siswa dengan penerapan metode demonstrasi di kelas I-A SDN 009 Sesayap. Subjek Peelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas I-A SDN 009 Sesayap yang berjumlah 20 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,obesrvasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar mata pelajaran IPA siklus I memiliki Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 50% yakni 10 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Sedangkan pada Siklus II, Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 80% yakni 16 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal, Mata pelajaran IPS siklus I memiliki Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 60% yakni 12 siswa yang tuntas dan 8 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Sedangkan pada siklus II, Ketuntasan Belajar Klasiskal Siswa mencapai 90% yakni 18 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal, Mata pelajaran Matematika siklus I memiliki Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 50% yakni 10 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal. Sedangkan pada siklus II, Ketuntasan Belajar Klasikal siswa mencapai 80% yakni 16 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal.
Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan metode demonstrasi pada pembelajaran tematik di kelas I-A SDN 009 Sesayap dapat meningkatkan hasil belajar pada tema diriku.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tematik, Demonstrasi

The aim of this research is to know the increase of the student thematic result study by using thematic learning model to grade I-A students SDN 009 sesayap. The subject of this classroom research is the 20 student of SDN 009 in grade I-A. the classroom research is done in 2 cycles. Each of them consist of 4 phases, they are planning, the act implementation, observation, and reflection. The data gathering techniques used are test and observation. The result study of science in cycle 1 has the exhaustiveness to 50% where there are 50 students are accomplished and 50 students do not reach the minimum exhaustiveness score. While in cycle II the classical exhaustiveness learning reach 80% where there are 16 student are accomplished and there is 4 student that is not reach the minimum exhaustiveness score, social science cycle 1 has the classical exhaustiveness learning student 60% where 12 students are accomplished and 8 students that do not reach the minimum exhaustiveness score. In cycle II the classical exhaustiveness learning student reach 90% where 10 students are accomplished and 2 students do not reach minimum exhaustiveness score. Cycle 1 in math the classical exhaustiveness learning is 50% where 10 students has the classical exhaustiveness learning and 10 students do not reach the minimum exhaustiveness score. While in cycle II classical exhaustiveness learning student reach 90% where 18 students are accomplished and 2 students do not reach minimum exhaustiveness score. The conclusion of this classroom research is the research by using demonstration method in thematic learning to student grade I-A SDN 009 sesayap increases the result study in lesson environment. Keywords: Result Study, Thematic, Demonstration

Detail Informasi