
Penggunaan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga KIT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Organ Tubuh Manusia Di Kelas V SDN 005 Sesayap Hilir
Pengarang : Hernawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi organ tubuh manusia pada subjek PTK siswa kelas V SDN 009 Sesayap Hilir. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran.
Rata-rata hasil ssiwa secara klasikal pada siklus I sebesar 50% meningkat menjadi 100% pada siklus II.Penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 009 Sesayap Hilir dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 009 Sesayap Hilir.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Metode Eksperimen
This study aims to improve science learning outcomes in natural material of living things on the subject of a class V student PTK SDN 009 Sesayap Hilir. Classroom Action Research (PTK) was conducted in two cycles, each consisting of four phases, namely planning, implementation measures, observation / observation and reflection. Data collection techniques used are non-test and test. Data collection instrumentsused were the test results to learn, observation sheets and pieces of students' activity in the management of learning teacher observation. The average results in the classical study on the cycle I increased by 50% to 100% in cycle II. PTK is the use of experimental methods in science learning in fifth grade students of SDN 009 Sesayap Hilir can improve student learning outcomes SDN 009 V class Sesayap Hilir. Keywords: Results Of Learning, Science, Experimental Methods