Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Tema Peristiwa Menggunakan Media Visual Buku Cerita Bergambar Siswa Kelas II Di SDN 002 Malinau Barat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Tema Peristiwa Menggunakan Media Visual Buku Cerita Bergambar Siswa Kelas II Di SDN 002 Malinau Barat

Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Tema Peristiwa Menggunakan Media Visual Buku Cerita Bergambar Siswa Kelas II Di SDN 002 Malinau Barat

Pengarang : Heppi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada tema peristiwa dengan menggunakan media visual buku cerita bergambar siswa kelas II di SDN 002 Malinau Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas II SDN 002 Malinau Barat tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki kegiatan utama atau tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik serta tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan membaca siswa aspek kognitif dengan 75 % siswa mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70 serta aspek afektif dan aspek psikomotorik siswa mencapai 75% dengan kriteria baik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media visual buku cerita bergambar terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN 002 Malinau Barat. Penelitian ini lebih menekankan pada tiga aspek yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. Ketuntasan pada aspek afektif pada siklus I diperoleh dengan kategori cukup dengan persentase 70% dan meningkat menjadi 95% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Pada aspek psikomotorik pada siklus I diperoleh dengan kategori cukup dengan persentase 70% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Aspek kognitif mengalami peningkatan setelah menggunakan media visual buku cerita bergambar pada siklus I diperoleh 70% menjadi 95% pada siklus II. Indikator keberhasilan yang telah ditentukan pada penelitian ini yaitu 75% dengan kriteria baik pada aspek afektif dan psikomotorik serta 75% siswa mencapai KKM dengan nilai 70 pada aspek kognitif, dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar di atas 75% yaitu 95% pada aspek afektif dan 100% pada aspek psikomotorik serta 95% untuk aspek kognitif, maka penelitian ini dianggap berhasil.

Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Media Visual Buku Cerita Bergambar

This research aimed at improving the students’ reading ability on the learning theme of events by using visual media of picture story books at class II of SDN 002 Malinau Barat. This research employed Classroom Action Research (CAR) which was carried out at class II of SDN 002 Malinau Barat in academic year 2015/2016 consisting of 20 students. This research was conducted into two cycles in which each cycle has four stages, namely: planning, implementing an action, observation, and reflection. This research instruments used to collect the data were observation sheet of students’ activity, observation sheet of teacher activity, observation sheet of affective aspect, and observation sheet of psychomotoric aspect. The indicator of success was marked by the improvement of students’ reading ability on cognitive aspect where 75% of students reached the minimum criteria of passing grade (KKM), that is, 70. And 75% of students’ on affective and psychomotoric aspects reached “good” score. The result of this research showed should that using visual media of picture story books was proven to be able to improve the students’ reading ability at class II of SDN 002 Malinau Barat. This research emphasized on three aspects: cognitive, affective and psychomotoric. The learning success on affective aspect on cycle I was reached at “moderate” category with 70% of success improved to 95% at cycle II with “good” category. Psychomotoric aspect on cycle I was reached at “moderate” category with 70% of success improved 100% on cycle II with “very good” category. Cognitive aspect was improved after using visual media of picture story books from 70% of success on cycle I became 95% on cycle II. The indicators of success in this research were all reached, namely 95% on affective aspect, 100% on psychomotoric aspect, and 95% on cognitive aspect. Keywords: Reading Ability, Visual Media of Picture Story Books

Detail Informasi