
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Penggunaan Uang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas III SDN 013 Tanjung Selor
Pengarang : Haulad - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi penggunaan uang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di kelas III SDN 013 Tanjung Selor.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 013 Tanjung Selor yang berjumlah 11 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar penilaian psikomotorik siswa, dan lembar penilaian afektif siswa dalam pengelolaan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 58,14% dari kriteria ketuntasan minimum 71. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 63,36% menjadi 81,81% masing-masing siklus.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada materi penggunaan uang di kelas III SDN 013 Tanjung Selor dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture
This study aims to improve learning outcomes IPS on the material the use of money using cooperative learning model picture and picture-in-class III SDN 013 Tanjung Selor. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were students class III SDN 013 Tanjung Selor a total of 11 students, the data obtained by using students' test results in the form of multiple choice, teacher activity observation sheet, student assessment sheets psychomotor, and affective assessment form students in learning management. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before being given the action in the classical learning completeness reached only 58.14% of the minimum completeness criteria 71. After the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 63.36% to 81, 81% of each cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the use of cooperative learning model picture and picture on the material the use of money in third grade SDN 013 Tanjung Selor can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, IPS, Cooperative Learning Model Picture And Picture