
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Ketampakan Alam Dan Sosial Budaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SDN 004 Malinau Selatan Hilir
Pengarang : Harkam - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi ketampakan alam dan social budaya pada siswa kelas IV SDN 004 Malinau Selatan Hilir.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu ; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktifitas siswa dan lembar pengamatan guru.
Hasil belajar kognitif yang di peroleh siswa siklus I mencapai ketuntasan yaitu sebesar 34 % dari 20 siswa sedangkan siklus II meningkat menjadi 89% dari 20 siswa. Kesimpulan adalah penggunaan model pembelajaran cooperative Script pada pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 004 Malinau Selatan Hilir dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script
The purpose of this study was to determine the application of the cooperative script learning model to improve students, classroom IPS learning result subject nature visible and social culture at IV SDN 004 Malinau Selatan Hilir. Actionresear was conducted in to cycles, whichcontists of four stages : planning, action, observation, and reflection. While the instruments of sheet collection that usd where students' learning achievement test, observation sheet and teacher's sheet observation. The aspect of learning result of cognitive aspects that pass the passing grade was 34 % from 20 student, while in the second cycle increased to 89 % from 20 students. The conclusion of this Classroom Action Research (CAR) was the using of cooperative script learning model in social science at class IV SDN 004 Malinau Selatan Hilir can increase the students' learning result. Keywords: Learning Result, Cooperative Script Learning Mode