Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Di Kelas V SDN 007 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Di Kelas V SDN 007 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Di Kelas V SDN 007 Tanjung Palas

Pengarang : Hamzah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples di kelas V SDN 007 Tanjung Palas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 007 Tanjung Palas yang berjumlah 29 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan afektif siswa dan lembar pengamatan psikomotorik siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 56,52% dari kriteria ketuntasan minimum 70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 68,97% menjadi 82,76% masing-masing siklus.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 007 Tanjung Palas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples

This study aims to improve learning outcomes IPS using cooperative learning model examples of non examples in class V SDN 007 Tanjung Palas. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. The subjects were students of class V SDN 007 Tanjung Palas totaling 29 students, the data obtained by using students' test results in the form of multiple choice, teacher activity observation sheet, student observation sheet affective and psychomotor observation sheet of students in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before being given the action in the classical learning completeness reached only 56.52% of the minimum completeness criteria 70. After the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 68.97% to 82, 76% of each cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the implementation of cooperative learning model examples of non examples in social studies lesson in class V SDN 007 Tanjung Palas can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, IPS, Cooperative Learning Model Examples Of Non Examples

Detail Informasi