Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SDN 005 Malinau Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SDN 005 Malinau Utara

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas V SDN 005 Malinau Utara

Pengarang : Ester - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan.sucyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 005 Malinau Utara semester II tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 orang terdiri atas sepuluh orang laki-laki dan empat belas orang perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan non tes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2016.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 58%, psikomotor 58% dengan kategori baik, afektif 58% dengan kategori baik, aktivitasa belajar siswa mencapai persentase 64% dengan kategori cukup, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata skor 1.93 dengan kategore cukup. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 75% psikomotor 100% dengan kategori baik, afektif 83% dengan kategori baik, dan aktivitas belajar siswa mencapai persentase nilai 80% dengan kategori baik, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai 2,75 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA materi cerita anak siwa kelas V SDN 005 Malinau Utara menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat memberikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 005 Malinau Utara.

Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Afektif, Psikomotor, Bahasa Indonesia, Model Pembelajar Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)

This research was use action class research with two cycle. Each cycle consisted two meetings. The participants of this research were the students’ of the fifth grade of the students’ SDN 005 Malinau Utara second semester school year 2015/2016. The number of participants were it consisted of 10 male and 14 female students. The tecnic of collecting data were test and non-test technique. This research was done on May 2016. The result of the research showed that cycle one were achieve in the level completeness 58% cognitive aspect, 58% psychomotor aspect with good category 58% affective with good category, activities students’ learning achieve 64% with enough category, and teacher activity in class learning process achieve about 1.93 with enough category. Cycle two were achieve in the level completeness 75% cognitive aspect, 100% psychomotor aspect with good category 83% affective with good category, activities students’ learning achieve 80% with good category, and teacher activity in class learning process achieve about 2.75 with good category. Based on the result showed there was on improvement on students’ Indonesia language learning result children story material at the Fifth Grade of the students’ SDN 005 Malinau Utara by using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Learning Model. We can conclude Improving the Indonesia Language learning result by using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Learning result at the fifth grade of the students’ SDN 005 Malianu Utara. Keywords: Learning Result, Affective, Psychomotor, Indonesia Language, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Learning Model

Detail Informasi