
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II-A SDN 005 Malinau Kota
Pengarang : Erni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS tema lingkungan model pembelajaran kooperatif Tipe TSTS pada siswa kelas ll-A SDN 005 Malinau Kota.
Jenis Penelitian yang digunakan oleh Peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 005 Malinau Kota pada Semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas II-A SDN 005 Malinau Kota yang berjumlah 32 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 23 siswa dan perempuan berjumlah 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus; setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik TSTS dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi kerja sama siswa kelas II-A SDN 005 Malinau Kota . Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 9% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif menjadi 16% pada siklus II meningkat menjadi 78%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 44% pada siklus II meningkat menjadi 94%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 38% pada siklus II meningkat menjadi 100%.
Maka dapat dikatakan bahwa dari hasil penelitian sesuai standar indikator keberhasilan, Peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik TSTS dapat meningkatkan secara signifikan hasil belajar siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi