Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Globalisasi Di Kelas IV SDN 008 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Globalisasi Di Kelas IV SDN 008 Tanjung Palas

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Materi Globalisasi Di Kelas IV SDN 008 Tanjung Palas

Pengarang : Elia Lie - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada materi globalisasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas IV SDN 008 Tanjung Palas.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 008 Tanjung Palas yang berjumlah 16 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar penilaian psikomotorik, dan lembar penilaian afektif siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 67,75% dari kriteria ketuntasan minimum 70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 68,75% menjadi 87,50% masing-masing siklus.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran PKn pada materi globalisasi di kelas IV SDN 008 Tanjung Palas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, PKn, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

This study aims to improve learning outcomes Civics on the material globalization through cooperative learning model jigsaw in class IV SDN 008 Tanjung Palas. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were students of class IV SDN 008 Tanjung Palas totaling 16 students, the data obtained by using students' test results in the form of multiple choice, teacher activity observation sheet, evaluation sheets psychomotor, and affective student assessment sheets. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before being given the action in the classical learning completeness reached only 67.75% of the minimum completeness criteria 70. After the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 68.75% to 87, 50% of each cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the implementation of cooperative learning model jigsaw in civics lesson on globalization material in class IV SDN 008 Tanjung Palas can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Civics, Cooperative Learning Model Jigsaw

Detail Informasi