Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) Pada Siswa Kelas IV-A SDN 009 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) Pada Siswa Kelas IV-A SDN 009 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) Pada Siswa Kelas IV-A SDN 009 Sesayap

Pengarang : Edy Sucipto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Kenampakan Alam dan Pengaruhnya terhadap Sosial dan Budaya menggunakan media pembelajaran Berbasis IT (Information Technology) Pada Siswa Kelas IV-A SDN 009 Sesayap.
Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Bentuk tes berupa soal pilihan ganda dan bersifat individu. Soal disesuaikan dengan tujuan instruksional khusus yang telah dirumuskan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN 009 Sesayap dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif (sikap siswa) dan kuantitatif (nilai hasil belajar siswa).
Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa melalui media pembelajaran berbasis IT pada materi Kenampakan Alam dan Pengaruhnya terhadap Sosial dan Budaya. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 64% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa tingkat penguasaan siswa dapat dikategorikan baik sekali.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Berbasis IT (Information Technology)

This objective of this research is to improve students’ learning achievement in Social science subject’s material of natural appearance and its influence towards social and culture through Information Technology based learning media (IT) at SDN 009 Sesayap. In conducted this research, the researcher used Clasrrom Action Research (CAR) design with two cycles. The test instrument was in the form of individual multiple choice. The question were suited with its special instructional objective which has been formulated. The subjects of this research were 25 students of class IV-A SDN 009 Sesayap. Tehnique of data analysis used in this research were qualitative data (Students’ attitudes) and quantitative (students’ learning achievements). The analysis result showed that there was improvement in students Social Science learning achievement through the application of Information Technology (IT) learning media at subject’s material of Natural Appreance and its influene towards social and culture. The average result of students’ achievement improve from 64% at cycle to 82% at cycle II. That improvement that students’ mastery level could be categorized as very good. Keywords: Learning Achievement, (Information Technology) Based Learning Media

Detail Informasi