
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Tubuh Manusia Dan Hewan Mengunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas V SDN 005 Bahau Hulu
Pengarang : Desra Jeles - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan data awal di SDN 005 Bahau Hulu ditemukan berbagai masalah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V antara lain: didalam pembelajaran guru menggunakan metode tidak sesuai dengan materi. Sehingga mengolah kelas kuarang optimal yang menjadikan siswa tidak aktif, kurang antusias, bahkan siswa tidak menguasai konsep IPA. Faktor tersebut mengakibatkan pada hasil belajar siswa rendah. Model Kooperatif Tipe STAD merupakan alternatif solusi untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran IPA di SD pada kelas V.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian menggunakan metode. Penelitian dilakukan di SDN 005 Bahau Hulu, dengan subjek penelitian kelas V dengan jumlah 12 siswa, terdiri dari 8 perempuan dan 4 laki-laki. Variabel yang digunakan adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data berasal dari guru, foto, dan instrumen yang digunakan adalah observasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian berdasarkan data hasil observasi keterampilan guru, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui metode demonstrasi. Peneliti memperoleh hasil penilaian aktivitas siswa yang masih berada pada kategori cukup dengan nilai 63, aktivitas guru pada kategori baik dengan nilai 66 serta hasil belajar IPA pada ketiga aspek kognitif sebesar 33%, afektif 66% dan psikomotorik 66%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa yaitu berada pada kategori sangat baik dengan nilai 83, aktivitas guru pada saat proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan nilai 91.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui metode demonstrasi pembelajaran dapat berhasil, sehingga dapat dijadikan salah satu aternatif solusi untuk meningkatkan pembelajaran IPA di SD.
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar IPA, Model Kooperatif Tipe STAD
Based on preliminary data at the SDN 005 Bahau Upstream found a variety of problems in learning IPA on grade V, among others: in the learning teacher using methods not in accordance with the material. So cultivate a class of optimal kuarang which renders inactive students, less enthusiastic, even students not mastering the concept of IPA. These factors resulted in student learning outcomes. Cooperative Model Type STAD an alternative solution to resolve problems in learning the IPA in SD on class V. This type of research is the research action class that consists of two cycles. Each cycle comprises planning, execution of action, observation, and reflection. Research using the method. Research conducted in the upstream, Bahau 005 SDN with a subject class V with a total of 12 students, consisting of 8 women and 4 men. The variables used are the skills of teachers, student activities, and student learning outcomes. Data source derived from the teacher, photographs and instruments used are observation and field notes. Research results based on the results of the observation skills of teachers, students, and the liveliness of student learning on learning the IPA through the method of demonstration. Researchers obtained the results of the assessment of the activity of the students who were still on the category simply with a value of 63, the activity of the teacher in the category of good value 66 as well as the results of a study on the cognitive aspects of IPA third by 33%, 66% of the affective and psychomotor 66%. Cycle II student learning activities that is located on the category very well with a value of 83 teachers, activity at the time the learning process is at a very good category with a value of 91. Based on research it can be concluded that the IPA learning through demonstration of learning method can succeed, so can be used as one of the alternative solutions to enhance learning IPA in SD. Keywords: Improving Results Learn IPA, Cooperative Model Type STAD